Tips

Perjalanan menuju Pulau Tinabo (Taman Nasional Taka Bonerate) jika di tempuh dari bandara H. Aroeppala ataupun dari kota benteng, memerlukan waktu sekitar 5 jam 20 menit, (1 jam 20 menit perjalanan darat dan 4 jam perjalanan laut). Nah waktu tempuh yang lumayan lama, akan membuat teman-teman sekalian bosan, berikut info yang kami bagi supaya perjalanan anda terasa menyenangkan.

TIPS PERJALANAN DARI PELABUHAN PATTUMBUKANG KE PULAU TINABO

  1. Pastikan informasi yang anda peroleh benar dan cukup memadai sebelum berkunjung ke Taka Bonerate.
  2. Kota Benteng menuju pelabuhan Pattumbukan memerlukan waktu sekitar 1 jam 30 menit
  3. Bandara aroeppala (Selayar) menuju pelabuhan Pattumbukan memerlukan waktu sekitar 1 jam 20 menit
  4. Kapal yang di gunakan adalah kapal pelayaran/tradisional milik masyarakat TN. Taka Bonerate, masyarakat local menyebutnya sebagai “Joloro”
  5. Saat bulan Maret sd Nopember, kapal berlayar dengan menantang ombak karena sedang musim timur di perairan kepulauan selayar (Area sekitar dermaga Pattumbukang).
  6. 2 jam pertama sejak anda meninggalkan pelabuhan pattumbukang, akan di ombang ambingkan oleh kondisi perairan pantai timur kep. Selayar, 2 jam selanjutnya ombak relative stabil karena terhalang oleh gugusan atoll Taka Bonerate.
  7. 2 jam 30 menit pertama sejak anda meninggalkan pelabuhan pattumbukang, anda tidak akan melihat pulau di depan mata anda sebagai tujuan kedatangan, setelah melewati fase waktu ini, baru terlihat pulau “Latondu Kecil”.
  8. Pastikan barang elektroniknya tersimpan aman dalam tas, menghindari basah saat menuju kawasan TN. Taka Bonerate.
  9. Pastikan tempat duduk anda nyaman saat berada di kapal, perjalanan ke Tinabo sebagai tujuan kedatangan memerlukan waktu sekitar 4 jam sd 5 jam
  10. Simpan tas yang memuat tentang keperluan dasar anda selama berada di atas kapal pada tempat yang mudah di raih atau berada di dekat anda.
  11. Tas/barang yang sekiranya tidak akan diperlukan selama perjalanan menuju Taka Bonerate di simpan dalam palka kapal yang di sediakan.
  12. Siapkan headset atau penutup telinga selama perjalanan menuju taka bonerate, karena kapal menggunakan “mesin dalam” sebagai tenaga pendorong kapal.
  13. Siapkan bantal untuk menemani anda istirahat sejenak sembari menuju ke Pulau Tinabo.
  14. Mintalah pelampung terhadap kru kapal sebagai bagian dari keselamatan pelayaran.
  15. Sehari sebelum melakukan kunjungan, disarankan untuk mengakses tautan http://maritim.bmkg.go.id/prakiraan/satu_minggu_kedepan/?hari=5 , tautan ini berisi informasi tentang tinggi gelombang dalam rentang 7 hari kedepan di mulai sejak anda membuka tautan tersebut.
  16. Berbincanglah dan minta informasi yang anda perlukan selama diatas kapal menuju Pulau Tinabo terhadap Guide pendamping, petugas Taman Nasional, Kapten kapal atau ABK kapal. Mereka dengan senang hati akan berbagi informasi yang anda butuhkan.
  17. Utamakan keselamatan bersama selama perjalanan menuju Pulau Tinabo (Taman Nasional Taka Bonerate)