Survey Ekologi di SPTN Wil I Tarupa, TN. Taka Bonerate (3 sd 12 Oktober 2019

Survey ini dilakukan untuk mendapatkan data ekologi terkini di Taman Nasional Taka Bonerate, yang mencakup kondisi terumbu karang, ikan karang, kompleksitas habitat, dan rekrutmen karang, selain itu kegiatan yang sama sudah dilakukan tahun 2015 sehingga survey saat ini mampu memberi gambaran terhadap dampak pengelolaan zonasi di TN. Taka Bonerate.

Pelaksana kegiatan terdiri dari tim WCS, fungsional PEH dan staf balai TN Taka Bonerate. Dilaksanakan di 20 titik amatan di berbagai zona pengelolaan di SPTN Wil I Tarupa, yang meliputi : Zona inti, Zona pemanfaatan, Zona perlindungan bahari, Zona tradisional, Zona rehabilitasi, Zona Religi dan budaya.

Pengumpulan data menggunakan metode Point Intercept Transect (PIT). Data rekrutmen karang keras dikumpulkan menggunakan metode Quadrate Transect (QT) 50×50 cm (Hill dan Wilkinson, 2004; Yulianto et al., 2012). Pengumpulan data kelimpahan dan biomassa ikan karang menggunakan metode survei sensus visual sepanjang transek (Hill dan Wilkinson, 2004). Pengumpulan data Macrobenthos menggunakan metode transek sabuk dengan panjang 3 x 50 m dan lebar 1 m (Hill dan, 2004).

Foto Selengkapnya