Spot Bulu Ayam

Di spot ini asosiasi antara hard coral dan soft coral seimbang, masing-masing sekitar 50% dengan persentase hidup yang sangat tinggi, kerapatan karang di atas 90%, persentase yang berimbang antara karang keras dan karang lunak membuat spot ini kaya akan warna dan membuatnya tampak seperti taman yang teratur dan tertata dengan rapi. Karang keras di dominasi dari jenis acrofora sp sedangkan karang lunak di dominasi oleh bulu ayam (agalaophenia cupressina).

Jenis karang lunak seperti bulu ayam (agalaophenia cupressina) tidak berbahaya, tetapi jangan sekali-sekali untuk menyentuhnya, baik oleh tangan maupun anggota badan lainnya yang terbuka (tidak tertutup oleh peralatan diving), karang jenis ini bila bersentuhan langsung dengan kulit akan memberi respon sengatan yang cukup mengagetkan.

Karena dominasi yang tinggi di spot ini sehingga spot ini dinamakan spot bulu ayam. Ciri fisik dari karang bulu ayam (agalaophenia cupressina) adalah tumbuh berkoloni dengan kelompok kecil dan menempel pada substrat keras yang ada di sekitarnya, panjang tiap lembaran bervariasi antara 10 cm sd 20 cm, berwarna abu-abu, karang ini mempunyai sumbu atau cabang utama,  pada percabangan ini tumbuh cabang baru dengan persilangan berpasangan teratur dan nampak seperti bulu ayam.

Lokasi ini cocok bagi semua tingkatan penyelam, terutama tingkatan penyelam pemula, di spot ini kita akan mendapat pengetahuan bahwa anda boleh menyelam, menikmati keindahan bawah laut tetapi tidak boleh menyentuh karang, jika bersentuhan langsung dengan karang maka anda akan di kagetkan dengan sengatan yang mengejutkan dari bulu ayam (agalaophenia cupressina) yang tersebar merata di hampir semua lokasi spot ini.